Senin, 18 Oktober 2010

Cara instalasi OS ubuntu 9.04(jaunty)
Masukkan CD installernya lalu restart komputer (Ingat boot awalnya mesti dari CD), setelah itu maka kalian akan masuk seperti gambar dibawah ini :

Pilih yang no 2 yaitu install Ubuntu, kalo yang no 1 Try Ubuntu itu untuk melihat ubuntu mengunakan live CD,,,hebatkan ubuntu,,kita bisa ngeliat dulu sebelum nginstall.

2. Lalu kalian akan dibawa kehalaman seperti berikut untuk memilih bahasa kamu :


3. Selanjutnya kalian pilih dimana tempat tinggal kalian saat ini, agar mempermudah apt-get nya nanti bekerja :


4. Lalu kalian akan disuruh menentukan keyboard language, pilih aja yg disarankan, yaitu yg paling atas, seperti gambar berikut :


5. Berikutnya adalah bagian untuk mempartisi hardisk kamu, hati-hati si daerah sini, bisa-bisa data kamu di kompi bisa hilang, kalau mau tidak hilang ikutin aja nih cara saya, nanti kalian akan dihadapkan dengan 4 pilihan, seperti gambar berikut :

· "Install Them side by side choosing between theam each startup" Jika opsi ini kalian pilih akan muncul dalam hardisk anda.
· "Use entire disk" Jika hardisk kalian baru, atau ingin menghapus semua OS yang sebelumnya terinstall dan data-data didalamnya, maka pilihlah opsi ini, (Kalau ada data2 yg tidak ingin kehapus maka jangan pilih yg ini).
· "Use the largest continous free space" Jika kalian memilih ini maka linux akan diinstal dengan memilih partisi terbesar yang kosong yang ada dalam hardisk kalian.
· "Specify partitions manually" Opsi ini yang paling sering digunakan dalam instalasi Linux, opsi ini dipilih kalau kalian ingin dualboot dengan sistim operasi yg lainnya(selain linux). dan kalian akan menentukan sendiri besar kecilnya kapasitas yg diinginkan.


6. Berikutnya adalah kalian tentukan sendiri besar kecilnya hardisk yg ingin kalian gunakan, seperti gambar berikut ini :

Pilih New Partition lalu pilihlah yg ext3 atau ext4 journaling sama aja sih kalau menurut saya, lalu kalian harus menentukan 3 kali new partition, ingat 3 kali, yang pertama kalian harus menentukan besar kapasitas root, kedua home dan terakhir swap pada opsi "Mount Point" :

Untuk menentukan besarnya root (/).
Untuk menentukan besarnya home (/home).
Untuk menentukan besarnya swap (/swap) besarnya partisi untuk swap mesti lebih besar 2x lipat dari RAM kompi kalian, misalkan RAM ente 500MB berati swapnya mesti 1GB, kalau bisa lebihin dikit, banyak juga gak papa,,karena biar nanti ubuntu kalian stabil.
Maka hasilnya seperti gambar berikut ini :


7. Selanjutnya adalah kalian tentukan nama kompi kalian sekaligus bikin username serta passwordnya, karena defaultnya ubuntu ketika login pake password, seperti gambar berikut :


Setelah itu Klik Forward maka akan menuju proses instalasi, Dan kalau muncul gambar Boot Loader seperti dibawah ini OK aja, jangan lupa untuk mencentang opsi "Install boot loader", Ini untuk boot loadernya :



Setelah instalasi selesai maka akan melakukan restar, sebaiknya cepat-cepat kalian keluarkan CD installer ubuntunya dari CDroomnya. agar tidak langsung ke Opsi yang paling atas lagi alias disuruh ngulang lagi (tapi tenang aja itu kan cuma karena awal bootnya dari CD),, karena beda dengan kita install windows yg mempertanyakan seperti berikut "Boot from CD klik anyway..." kalo gak salah kayak gitulah bacaannya,,,kalo ubuntu ngga ada pertanyaan-pertanyaan model kayak gitu...
Setelah restart maka kalian kalau dual boot pilih yang paling atas pokoknya yaitu "Ubuntu 9.04 kernel 2.6.28.-11-generic" maka nanti akan masuk deh ke ubuntu kalian, seperti gambar berikut ini:

Lalu masukkan deh username serta password yang kalian buat tadi sewaktu instalasi,, Akhirnya kalian sukses deh menggunakan Sistim Operasi Ubuntu.




Perintah Umum
Menilik Direktori - ls
Perintah ls (LiSt) melihat daftar berkas dalam suatu direktori.
Membuat Direktori - mkdir (nama direktori)
Perintah mkdir perintah (MaKeDIRectory) untuk membuat direktori.
Mengubah Direktori - cd (/direktori/lokasi)
Perintah cd perintah (ChangeDirectory) akan mengubah dari direktori Anda saat ini ke direktori yang Anda tentukan.
Menyalin Berkas/Direktori - cp (nama berkas atau direktori) (ke direktori atau nama berkas)
Perintah cp perintah (CoPy) akan menyalin setiap berkas yang Anda tentukan. Perintah cp -r akan menyalin setiap direktori yang Anda tentukan.
Menghapus Berkas/Direktori - rm (nama berkas atau direktori)
Perintah rm perintah (ReMove) akan menghapus setiap berkas yang Anda tentukan. Perintah rm -rf akan menghapus setiap direktori yang Anda tentukan.
Ganti Name Berkas/Direktori - mv (nama berkas atau direktori)
Perintah mv perintah (MoVe) akan mengganti nama/memindahkan setiap berkas atau direktori yang Anda tentukan.
Mencari Berkas/Direktori - mv (nama berkas atau direktori)
Perintah locate akan setiap nama berkas yang Anda tentukan yang ada di dalam komputer. Perintah ini menggunakan indeks dari berkas dalam sistem Anda untuk bekerja dengan cepat: untuk memutakhirkan indeks ini jalankan perintah updatedb. Perintah ini berjalan otomatis setiap hari, apabila komputer Anda nyala terus setiap hari. Dan perintah ini harus dijalankan dengan hak akses administratif (lihat Bab 2, Pekerjaan Administratif).
Anda juga dapat menggunakan wildcard untuk mencocokkan satu atau lebih berkas, seperti "*" (untuk semua berkas) atau "?" (untuk mencocokkan satu karakter).
Untuk pengenalan lebih lanjut mengenai baris perintah Linux, silakan baca pengenalan baris perintah di wiki Ubuntu.
Pindah ke mode Konsol
Metode umum untuk mengakses baris perintah di Ubuntu adalah dengan menjalankan terminal (lihat “Menjalankan Terminal” di atas)
1. Gunaka shortcut Ctrl-Alt-F1 untuk pindah ke konsol satu.
2. Untuk kembali ke mode Desktop, gunakan shortcut Ctrl-Alt-F7.

Ada tersedia enam buah konsol. Setiap konsol dapat diakses dengan shortcut Ctrl-Alt-F1 ke Ctrl-Alt-F6.




































Perintah perintah dasar ubuntu

ls –> untuk melihat list direktori
ls -l –> untuk melihat list direktori secara lengkap
ls -a –> untuk melihat list direktory beserta file hidden-nya
pwd –> melihat working direktori kita sekarang
cp –> meng-copy file
contohnya: cp grub.cfg /boot/grub/
mv –> memindahkan file atau merubah nama file
rm –> menghapus file
mkdir –> membuat direktori
rmdir –> menghapus direktori
ps –> melihat proses
free –> melihat free memory
top –> melihat task manager ala linux
vmstat –> melihat proses yang sedang dikerjakan
df -h –> melihat sisa kapasitas harddisk
du -h –> melihat persentase pemakaian harddisk untuk file atau direktori
clear –> membersihkan layar di terminal
hostname –> menampilkan nama komputer
who –> melihat nama login kita
cat –> membuka file (sekali lewat)
more –> membuka isi file (per halaman)
less –> membuka isi file (bisa scroll-up scroll-down)
info –> berisi perintah-perintah di shell linux
man –> melihat manual book dari perintah di linux
poweroff –> mematikan komputer
reboot –> merestart komputer
uptime –> melihat sudah berapa lama komputer dinyalakan
history –> melihat perintah apa saja yang pernah diketik
date –> melihat tanggal
cal –> melihat kalender
ifconfig –> melihat konfigurasi jaringan


APLIKASI PADA UBUNTU

Ubuntu memiliki berbagai macam aplikasi, baik untuk kebutuhan desktop maupun server. Ketika Anda menginstal Ubuntu, maka Anda akan mendapatkan perangkat lunak yang berguna untuk kebutuhan komputasi yang umum, dari pemrograman kompleks hingga untuk keperluan presentasi bisnis, dan database.

Ubuntu adalah sebuah kumpulan aplikasi lengkap dari suatu sistem operasi desktop. Hal ini mencakup segalanya yang Anda butuhkan untuk mempelajari kemampuan dalam berkomputasi dan menjadi mahir dalam menggunakan komputer di rumah, bisnis, serta kebutuhan-kebutuhan profesional. Ubuntu adalah suatu platform yang sangat baik untuk pendidikan, dimana tidak ada batasan untuk hal-hal yang dapat dipelajari oleh pelajar tentang perangkat lunak mereka.
Perangkat lunak bisnis di Ubuntu


Ketika Anda menginstal Ubuntu, Anda akan mendapatkan berbagai macam perangkat lunak untuk keperluan bisnis, seperti aplikasi pengolah kata untuk menciptakan surat dan dokumen, aplikasi spreadsheet untuk melakukan analisa dan kalkulasi bisnis, serta aplikasi untuk presentasi yang dapat Anda gunakan untuk menyampaikan ide di dalam suatu rapat. Perangkat lunak ini, yang disebut sebagai Open Office, juga kompatibel dengan Microsoft Office, sehingga Anda dapat dengan mudah bertukar dokumen dengan teman dan kolega yang menggunakan Windows dan Microsoft Office.

Ubuntu juga menyertakan browser kelas dunia (Firefox) yang selain cepat juga aman, serta memiliki banyak sekali fitur untuk memperkaya pengalaman Anda saat menjelajahi dunia maya. Sebagai contoh, penggunaan tab akan memudahkan Anda untuk membuka banyak halaman web dalam jendela yang sama dan berpindah-pindah dari satu halaman ke halaman lain dengan mudah. Kemudian terdapat juga pengaturan untuk membatasi pop-up yang dapat Anda gunakan untuk mengatur situs-situs mana saja yang diizinkan untuk membuat pop-up jendela baru dan menayangkan iklan. Ubuntu juga memiliki aplikasi e-mail dan kalender (Evolution), yang telah diakui kehandalannya di dunia e-mail dalam hal pencarian dan pengorganisasian surat.
Ubuntu untuk pendidikan


Ubuntu adalah sistem operasi yang sangat baik untuk pendidikan. Jika Anda ingin berusaha meningkatkan kemampuan komputasi Anda, Ubuntu memiliki aplikasi yang mencakup setiap bagian penggunaan komputer, dari penggunaan yang sangat dasar (seperti mengetik dan membuat dokumen) sampai pada kemampuan tingkat lanjut (seperti desain grafis dan publikasi). Ubuntu juga merupakan platform yang sangat baik untuk pelajar yang sedang mempelajari teknologi informasi dan ilmu komputer, karena Ubuntu memiliki peralatan yang Anda butuhkan untuk menjadi pengembang perangkat lunak kelas dunia. Ubuntu juga tersedia dalam berbagai bahasa, membuat Ubuntu menarik untuk digunakan oleh pengguna baru yang ingin menggunakan Ubuntu dalam bahasa mereka sendiri.
Ubuntu untuk server Internet


Dalam CD instalasi Ubuntu, Anda akan menemukan perangkat lunak yang dikhususkan untuk database, layanan web, e-mail hosting dan DNS name service, internet cacheing, dan directory service. Ubuntu juga memiliki aplikasi Samba yang dapat digunakan untuk berbagi berkas dengan komputer lain, perangkat lunak FTP server untuk tempat penyimpanan berkas berukuran besar dan aplikasi NTP untuk layanan waktu jaringan. Ubuntu juga dapat Anda instal dengan konfigurasi server yang telah dioptimalkan untuk server layanan pusat data yang tidak akan digunakan sebagai mesin desktop.
Seberapa banyak perangkat lunak tersedia untuk Ubuntu?

Jumlah keseluruhan repositori perangkat lunak Ubuntu sangatlah luar biasa. Hampir sekitar 1.000 paket perangkat lunak telah diinstal secara baku (default), diluar dari jumlah keseluruhan perangkat lunak dasar yang didukung penuh yang jumlahnya sekitar 1.300 paket. Sebagai tambahan, terdapat lebih dari 16.000 paket yang tersedia untuk Anda saat ini juga, dan banyak lagi yang tersedia dari pihak ketiga. Silakan baca juga mengenai repositori lengkap Ubuntu dan strukturnya.


Ubuntu Indonesia
Ihwal Ubuntu
Aplikasi
Rilis
Filosofi
Kebijakan Lisensi
Debian dan Ubuntu
Komponen
Komunitas
Dokumentasi
Download
ShipIt - CD Gratis
Mirror Ubuntu
Sub LoCo Forum

Keluarga Ubuntu-ID

Tidak ada komentar:

Posting Komentar